Kamis, 03 November 2011

Course of Mathematics Mobile Learning

"Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi serta semakin meningkatnya kebutuhan dan tuntutan terhadap kualitas layanan pendidikan maka pendidik dan tenaga kependidikan harus mampu menyikapi perubahan-perubahan dengan tepat. Selain itu diperlukan peningkatan kompetensi yang sesuai dengan perkembangan tersebut.

Saat ini, salah satu produk teknologi yang memiliki perkembangan yang cukup pesat adalah teknologi mobile. Jumlah pengguna perangkat mobile meningkat dengan cukup pesat di seluruh dunia. Hal ini salah satunya dikarenakan oleh tuntutan kebutuhan telekomunikasi serta harga perangkat dan layanan yang semakin terjangkau. Hal ini sesungguhnya menciptakan peluang baru yang cukup potensial dimana perangkat yang sudah ada dan dimiliki oleh sebagian besar masyarakat ini dimanfaatkan sebagai salah satu media belajar. Meski demikian, memanfaatkan perangkat mobile dalam pembelajaran bukan hal yang sederhana mengingat diperlukan kompetensi khusus untuk menciptakan media yang dapat dijalankan di perangkat mobile." (http://p4tkmatematika.org/2011/10/mobile_learning/)

Diklat Mathematics Mobile Learning (MML) ini diselenggarakan oleh P4TK Matematika Yogyakata dengan pola 120 jam dan berlangsung dari tanggal 2 s/d 15 November 2011. Peserta diklat adalah 28 guru-guru perwakilan dari Indonesia; 1 peserta dari Kamboja (Mr. Nuon Heang Sheila) dan 1 peserta dari Malaysia (Mrs. Azlina bt Abdul Aziz). Semua peserta punya 'nilai plus', dan hanya peserta yang terbaik yang dapat lolos melalui proses seleksi yang ketat. Beruntung salah satu dari anggota MGMP Matematika SMK kota Pasuruan dapat mengikuti diklat tersebut. klik disini.

Sejak kemarin dibuka dan hari kedua pelaksanaan (saat posting ini dimuat) penulis banyak mendapat pengalaman berharga, ambil contoh :
1. Belajar Conversation in English with Mr. Sheila, Mrs. Azlina, Mr. Nanang, etc.
2. Membuat Quiz online, terinspirasi blognya bu Sri Endang, klik disini
3. Traffic blog, klik disini
4. Template yang tertata apik, terinspirasi blognya bu Asmi, klik disini
5. Presentasi online pengganti powerpoint, klik disini
6. Kertas tempel online langsung lewat hp, klik disini
dan tentu saja pengalaman paling berharga adalah dapat mengenal rekan seprofesi, bertukar informasi, mengenal budaya dll.
Semua pengalaman berharga ini akan diimbaskan kepada rekan MGMP setelah selesai diklat ini.

(Sumber gambar : http://m.4tkmatematika.org/2009/11/teorema-phytagoras)


0 komentar:

Posting Komentar